Kamis, 05 April 2018

Free Download Ebook IELTS PDF + Audio Lengkap

Saya adalah orang yang sebelumnya tak pernah sekalipun berpikir untuk mengambil IELTS. Saya selalu fokus pada TOEFL ITP dan iBT. Sebelum download Ebook IELTS PDF lengkap, saya ingin share pengalaman saya di bawah kenapa pindah ke lain hati. Hehehe. 😁

Mengapa IELTS bukan TOEFL iBT?

Tanggal 30 Maret 2018, saya menghadiri sebuah seminar TOEFL di Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Pembicara seminar tersebut adalah Mbak Sirniawati Maskud yang sudah memperoleh gelar Master of Arts in TESOL (Teaching English for Speaker of Other Language) di Victoria University of Wellington, New Zealand. Beliau juga dosen bahasa Inggris di IAIN Cirebon. Btw, si mbaknya cantik banget. Tapi sayang gak bisa upload foto, karena HP saya pecah sehari setelahnya. Dan ya, akan membutuhkan waktu lama untuk HP baru.


Singkat cerita saya adalah penanya paling banyak karena saya butuh mendapatkan nilai TOEFL ITP untuk beasiswa Australia Awards 30 April mendatang. Sebelumnya saya gagal mengajukan aplikasi Fulbright 15 Februari lalu karena satu dan lain hal yang begitu mendadak. Meski Fulbright dan Australia Awards yang menerima TOEFL ITP, perguruan tinggi di luar negeri tidak menerima sertifikat itu. Jadi pada akhirnya kita akan diminta untuk memberikan sertifikat TOEFL iBT atau IELTS yang harga satu kali tesnya 3 juta rupiah. 

Terus bedanya dengan TOEFL ITP? TOEFL ITP tidak mengukur kemampuan inggris aktif seperti writing dan speaking sebagaimana keduanya diukur di iBT maupun IELTS. Terus, kenapa ini penting? Karena peluang mendapat beasiswa akan meningkat drastis jika kita punya LoA unconditional (lulus tanpa syarat) dan LoA unconditional hanya dapat diperoleh dengan sertifikat TOEFL iBT atau IELTS resmi. Terimalah kenyataan~



Awalnya saya berencana akan mengambil TOEFL iBT daripada IELTS karena saya pikir saya lebih familiar dengan logat Inggris Amerika daripada Inggris British. Tapi setelah ujian bahasa Inggris EF SET kemarin (ujian EF SET gratis dan dapatkan sertifikat bahasa Inggris resmi untuk Linkedin disini: EF SET Certificate Plus) yang notabene listeningnya ber-logat british kental, ngomongnya cepat dan polanya tidak berstruktur, anehnya saya dapat skor listening C1 66/100 yang setara IELTS kisaran 7.0-8.0. Tiba-tiba saya jadi agak pede gitu deh hehehe.


Katanya, seringkali kita emang gak sadar dengan kemampuan listening karena sering nonton film berbahasa Inggris british. Thanks to Harry Potter; serial inggris british yg semuanya saya tonton tanpa subtitle berkali-kali (maksudnya biar bisa niru Hermione Granger ngomong atau jadi Andhika Wira versi muslimah, wkwk). Thanks juga aktor favorit saya Benedict Cumberbatch dan Eddie Redmayne yang dua-duanya kebetulan aktor british. Semua video mereka di Youtube saya tonton yang asli keduanya kelihatan di The Graham Norton Show, tapi kalau udah akting, apalagi Benedict pas jadi Naga Smaug di The Hobbit... keren.
 
Duo aktor favorit, berbakat dan lucu.
 
Benedict as Smaug

Selain faktor internal yang memang suka aktor dan film British, saya memilih mengambil IELTS juga dipicu oleh faktor eksternal. Yang baru saya ketahui setelah hadir di seminar TOEFL itu kenapa Mbak Sirni sendiri mengambil IELTS (Dalam hati: Ya Allah, selama ini saya kemana aja???). Berbeda dengan TOEFL iBT, Speaking IELTS berbicara langsung kepada manusia dan sebelum sesi speaking, ada jeda istirahat beberapa hari untuk menyiapkan sesi speaking ini. Kayaknya saya bakal lebih pede ngomong sama manusia deh, kayak ngobrol dengan teman bule aja kali ya.. jadi gak awkward ngomong ke komputer... krik krik grong grong mbek mbek...

TOEFL iBT be like
Selain itu juga TOEFL iBT mengharuskan kita duduk 4 jam di depan komputer dan ketika kita sudah menjawab soal, kita tidak bisa mengoreksi jawaban yang salah dengan kembali ke soal sebelumnya. Sebagai orang yang tidak bisa berpikir jernih saat depan komputer, bahkan semua PDF Toefl saja saya print, saya tentu akan memilih IELTS yang menggunakan kertas.

Semua ebook PDF TOEFL saya print. Bahkan 2 ebook yg 600 halaman.
Jadi dua faktor eksternal ini, kalau ujian reading, writing dan listening IELTS menggunakan paper and pencil sementara speakingnya juga langsung dengan manusia.. saya akhirnya hari itu juga berkata, oke saya ambil IELTS aja deh. Terus saya coba daftar IELTS british council, saya lihat..., OMG sertifikat IELTS tiba dalam 13 hari kerja! Sementara TOEFL iBT sertifikatnya akan tiba dalam 2.5 bulan karena dikirim langsung dari Amerika Serikat. Tanpa ba bi bu... saya pun langsung memilih IELTS dan mencoba mulai familiar dengan tipe soal-soalnya dari ebook-ebook di internet. Terus spamming abis-abisan di blog dengan IELTS. Wkwkwk.

Saya pas baru saja mempelajari IELTS
Well, meski suatu hari nanti saya akan mengambil TOEFL iBT karena saya bercita-cita masuk Harvard University buat PhD in Social Psychology. Aamiin.. hehe. Harvard University hanya menerima TOEFL iBT sebagai proof of english proficiency mereka. Seperti teman-teman bisa lihat di sini: Harvard TOEFL Requirement: The Score You Need


Agustus 2018 sebenarnya saya ada presentasi di kampus ini fakultas kedokteran Harvard untuk publikasi jurnal, tapi saya batalkan. Semua konferensi self-funded saya batalkan dan uangnya saya jadikan  untuk belajar. (Baca artikel berkaitan: 14 Cara Menjadi Pembicara Forum Internasional) Ini namanya mengorbankan 1 minggu ke Harvard demi 2 tahun kuliah di sana... ea.. aamiin. 

Kayak Budi Waluyo (founder Sekolah TOEFL) yang mengantar temannya ke bandara untuk 2 minggu konferensi di Amerika, terus dalam hatinya berkata "Gak apa-apa dia 2minggu di Amerika, saya 2 tahun di sana.". Dan ya terwujud! Maka berusahalah yang terbaik untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kualitas diri.

Oke langsung saja berikut adalah link-link download material IELTS yang super lengkap. Tulisan ini akan terus diperbarui kalau saya mengupload material IELTS yang lain. Jika ada link yang tidak berfungsi, silakan tulis di komentar blog :D
Download Ebook IELTS PDF + Audio Lengkap
Download Cambride IELTS Trainer with Answer
Download Official IELTS Practice Materials
Download Cambridge IELTS 10-12th Edition
Download The Official Cambridge to The IELTS
Download New Insight into IELTS
Download Barron IELTS Practice Exams Book
Download Ebook English Collocations in Use
Suplemen Tambahan untuk Vocabulary
Download 13 Ebooks Check Your English Vocabulary
Download Ebook English Vocabulary in Use

Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...