Saturday, September 8, 2012

Mengapa Pacaran Haram ? Mengapaaaa???


Mengapa pacaran haram? Bukankah tidak ada dalil qoth’i yang melarang pacaran atau secara terang-terangan mengatakan bahwa pacaran itu haram? Yang dimaksud dalam Al-Quran itu adalah dilarang mendekati zina, bukan dilarang pacaran. Jadi jika pacaran tetapi tidak bermaksud untuk mendekati zina, tidak apa-apa kan??

Mungkin itulah pertanyaan bagi kaum muda yang mulai terjangkiti virus merah jambu. Penulis tahu banget koq kalau cinta itu fitrah (baca : Duh... Cinta!), tapi yang penting bagaimana kita mengarahkannya pada yang lebih positif (Baca : Menyikapi Rasa Cinta Pada Lawan Jenis). “Tapi mengapa pacaran haram?” Berbagai alasan pun muncul untuk menghalalkan perbuatan mereka, mulai dari pacaran islami (pacaran koq islami?), HTS (hubungan tanpa status) hingga label kakak adik.

Pacaran Islami ? Apa maksud dari pacaran islami ? Apakah pacaran dengan saling mendakwahi? SMSan riya saling memberi tausiyah ? (baca: Hukum SMS chatting telepon dengan lawan jenis bukan mahram)  Pacaran di pelataran masjid ? Pacaran dengan bahasa akhi ukhti ? Tidak ada istilah pacaran islami sebagaimana tidak ada istilah babi halal hanya karena baca bismillah. (Baca: 10 Logika penangkal pacaran Islami)

HTS, inilah yang juga banyak menjangkiti remaja muslim zaman sekarang. Gak mau pacaran tapi juga gak bisa nahan hasrat untuk dekat dengan lawan jenis. Naudzubillah !! Kalau ada istilah hubungan tanpa status, lebih baik tidak perlu berhubungan sekalian karena gak jelas kan statusnya? Beramal jangan setengah-setengah jika gak mau masuk surga setengah-setengah. Hehehe :D

Kakak adik” Duh apa lagi nih !! Aneh melihat fenomena tersebut, berkhalwat dengan label “kakak adik”. Bentuk barus dari HTS tapi esensinya sama dengan pacaran. Kedekatan yang tidak seharusnya antara ikhwan akhwat bukan mahram. Bermanja-manja di facebook saling curhat seperti tidak ada hijab. Bukankah sebenarnya kita ini memang sudah sebagai saudara? Bukankah Allah telah berfirman, innamal mukmiunuuna ikhwah (sesungguhnya antara orang Islam itu bersaudara). Jadi, memang sudah seharusnya kita memposisikan sesama muslim itu sebagai saudara tanpa perlu melakukan upacara bahwa antum kakak ana dan ana adik antum. Betul??

Ada saja akal-akalan setan untuk menjerumuskan manusia. Selain 3 istilah di atas, saya yakin masih banyak istilah lain dan alasan lain bagi para pelaku pemuja hawa nafsu demi dilegalkannya perbuatan mereka. Lalu sebagai umat muslim yang mengaku bertaqwa, apa yang harus kita lakukan? Tentu saja kembali pada Al-Quran dan As-Sunnah sebagai titik tolak kebenaran.

Dalil-dalil dan penyebab haramnya esensi dari kedekatan khusus ikhwan akhwat bukan mahram :

Mengawali zina

Para pelaku pacaran bisa saja tak mengaku bahwa walaupun pacaran mereka tidak akan melakukan perzinaan. Asal tahu saja, semua orang yang berzina juga pada awalnya berkata hanya bermesraan... hanya smsan... hanya telpon-telponan. Ujung-ujungnya zina.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(QS. Al Isro’: 32).

Yang disuruh oleh Allah bukanlah berzina. Tapi dilarang mendekati zina. Jika mendekati zinanya saja sudah berdosa apalagi berzina. Syaikh 'Abdurrahman As Sa'di dalam kitab tafsirnya menjelaskan, "Larangan dalam ayat ini adalah larangan untuk mendekati zina. Larangan mendekati saja tidak dibolehkan apalagi sampai melakukan zina itu sendiri. Larangan mendekati zina ini meliputi larangan melakukan berbagai pendahuluan dan perantara menuju zina."

Dengan penuh kerendahan hati saya bertanya: Apalagi pintu zina yang paling lebar kalau bukan pacaran (dengan berbagai istilah)?

كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنَ الزِّنَى مُدْرِكٌ ذَلِكَ لاَ مَحَالَةَ فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاِسْتِمَاعُ وَاللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلاَمُ وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ وَيُكَذِّبُهُ

Setiap anak Adam telah ditakdirkan bagian untuk berzina dan ini suatu yang pasti terjadi, tidak bisa tidak. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara. Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh). Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.” (HR. Muslim no. 6925)

Dalam hadits lain ketika beliau berkhotbah sholat gerhana matahari, beliau bersabda: “Wahai umat Muhammad, tidak ada yang lebih tersinggung (ghirah) melebihi Allah ketika ketika seorang hamba laki-laki dan perempuan berzina. Hai umat Muhammad, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawa.

Dengan penuh kerendahan hati pula saya katakan, kita adalah manusia biasa. Tidak lepas dari nafsu syahwat, dan mudah tergoda oleh setan, tidak puas, lemah dan hatinya mudah terbolak-balik. Jadi tak patutlah jika kita menjamin bahwa pacaran yang kita lakukan tidak mendekati perzinaan. Pacaran pada hakikatnya adalah gerbang perzinaan tanpa perlu ditambah-tambah.

Berduaan dengan lawan jenis

Berduaan dengan lawan jenis merupakan salah satu pelanggaran yang tak bisa dipungkiri. Berduaan di tempat sepi, di tempat gelap, dll. Para pelaku pacaran Islami akan berkata bahwa mereka boleh jadi tidak berduaan di satu tempat sepi dan gelap, tapi berduaan dengan lawan jenis lewat sms, telpon, chatting, facebook dll hukumnya tetaplah berkhalwat. Baca: Hukum SMS chatting telepon dengan lawan jenis bukan mahram

Pada realitanya, aktivis dakwah (ikhwah) yang janjian ketemuan pun pada awalnya adalah khalwat lewat sms, telpon maupun dunia maya. Setan pun ujung-ujungnya takkan menyerah hingga terjadi apa yang mereka inginkan terjadi.

أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ ، فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ ، إِلاَّ مَحْرَمٍ

Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya." (HR. Ahmad no. 15734. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan hadits ini shohih dilihat dari jalur lain)

Tidak menundukkan pandangan
Salah satu penyebab penyakit hati adalah mengumbar pandangan, padahal sudah jelas dalam surat An-Nur ayat 30-31 bahwa muslim dan muslimah diharuskan untuk menjaga pandangan mereka dari lawan jenis yang bukan mahram.

Katakanlah (Muhammad) kepada laki-laki yang beriman, ‘hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’ Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman, ‘hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka…” (An-Nur ayat 30-31)

Akibat dari tidak menundukkan pandangan adalah : Rusaknya hati, terancam jatuh pada zina, lupa ilmu, turunnya bala, merusak sebagian amal, melalaikan diri dari mengingat Allah dan hari akhirat, dan merendahnya mata.

Untuk lebih jelas tentang Ghadul Bashar (Menundukkan Pandangan) Baca tulisan saya : The Power of Ghadul Bashar (Menundukkan Pandangan)

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ نَظَرِ الْفُجَاءَةِ فَأَمَرَنِى أَنْ أَصْرِفَ بَصَرِى     

Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan yang cuma selintas (tidak sengaja). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepadaku agar aku segera memalingkan pandanganku.” (HR. Muslim no. 5770).

“Pandangan itu adalah panah beracun dari panah-panah iblis. Maka barangsiapa yang memalingkan pandangannya dari kecantikan seorang wanita, ikhlas karena Allah, maka Allah akan memberikan di hatinya kelezatan sampai pada hari? Kiamat.”(HR. Ahmad)

Tidak menjaga aurat

Jika 3 point di atas adalah penyebab dari haramnya pacaran Islami, maka point selanjutnya ini adalah pacaran yang ada di pikiran orang zaman sekarang. Biasanya pihak prialah yang ingin menikmati keindahan tubuh dari sang pacar (Naudzubillah!) Padahal menutup aurat dengan berhijab adalah wajib.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab: 59).

Ibnu Abbas r.a. berkata, “ayat ini terkait dengan seorang laki-laki yang duduk pada suatu kaum. Lalu lewatlah seorang wanita. Namun bila teman-temannya melihat dirinya, dia menundukkan pandangannya. Sungguh Allah SWT mengetahui keinginan dirinya. Ia ingin andai dapat melihat aurat si wanita.” (Al Jami’li Ahkamil Qur’an, 15/198)

Bersentuhan dengan lawan jenis

Menyentuh lawan jenis dengan sengaja dalam keadaan tidak darurat hukumnya haram. Ini juga adalah salah satu pelanggaran berat dalam pacaran.  Rasululloh Shallallahu’ Alaihi Wa Sallam bersabda: “ Sungguh, kepala salah seorang diantara kamu ditikam dengan jarum besi lebih baginya daripada ia menyentuh seorang perempuan yang tidak halal baginya “. (HR. Tirmidzi dan Baihaqi dengan Sanad Hasan Shahih).

Dari Asy-Syabi bahwa Nabi saw. ketika membai’at kaum wanita beliau membawa kain selimut bergaris dari Qatar lalu beliau meletakkannya di atas tangan beliau, seraya berkata, “Aku tidak berjabat (baca: menyentuh) tangan dengan wanita.” (HR Abu Daud dalam al-Marassi)

Jika 5 point di atas adalah penyebab pacaran haram menurut Al-Quran dan Hadits, Di bawah ini saya akan mengulas Dampak dan Kerugian Pacaran :

  1. Jelas berdosa
  2. Bokek gara – gara keluar banyak duit buat SMS, nelpon, beliin coklat, kencan dll.
  3. Membuang – buang waktu produktif
  4. Bikin diri sendiri jadi bekasan buat jodoh yang sesungguhnya
  5. Rentan untuk sakit hati
  6. Setiap urusannya dipersulit
  7. Murka Allah SWT
  8. Rentan untuk melakukan seks bebas
  9. Melawan perintah orang tua jika tidak direstui
  10. Penyebab utama kasus bunuh diri
  11. Lupa akan mengingat Allah. Contoh: saat sholat mikirin pacar
  12. Kebangkrutan dunia akhirat
  13. Kedua orang tuanya diharamkan masuk surga
  14. Akan saling memusuhi dengn pacarnya di akhirat kelak
  15. Dijamin kehilangan privasi
  16. Bikin gelisah pada hal-hal yang gak pasti
  17. Merusaknya amal

Untuk dalil-dalilnya lihat di Dalam Islam Pacaran Itu Haram

Buat kamu-kamu kawan santri menulis yang masih pacaran... apa yang akan kamu lakukan sekarang? Jawabannya lebih baik putusin aja!! Belilah masa depanmu dengan menjadikannya masa lalumu! Bagaimana mau melangkah lebih jauh sementara kau tak memulai satu langkah kecil pun??

You might also like:

Pencarian:
  • pacaran haram atau tidak
  • pacaran haram atau halal
  • cerita tentang pacaran haram
  • firman allah tentang pacaran
  • dalil pacaran haram
  • alasan pacaran haram dalam islam
  • hadits nabi tentang pacaran
  • pacaran islami di sekolah
  • apakah pacaran itu boleh

Comments
25 Comments

25 comments:

  1. gmna brow jadinya kluarga klw gak bsa saling mngenal akan jadi apa kluarga nanti,pacaran adalah mngnal satu ama lainya,dan klw kita sling mngnal insya alloh kluarga akan bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener sih bang...tapi kan bisa taaruf. .Lebih baik dan tidak berdosa

      Delete
  2. @Edi Karen: realitas aja ya bro, sulit kalau pacaran disebut ajang perkenalan. karena pada nyatanya orang pacaran itu selalu berusaha tampil seperfect atau sebaik mungkin didepan pacarnya.

    Islam menawarkan ta'aruf dan itu sudah jelas. Perkenalan lewat kerabat dekat dan keluarga. Kalau gak sreg juga bisa nolak koq.

    Sampai saat ini ta'aruf adalah proses perkenalan yang terbaik yang saya tahu dan pacaran adalah proses perkenalan terburuk. Mario Teguh saja bilang, pacaran hanya membuang-buang waktu tanpa kesungguhan menikah.

    ReplyDelete
  3. . sieep ukhty @Maryam Qonita .. anee s7 samee jwban entee .. .
    (з´⌣`ε)

    ReplyDelete
  4. @Suka.suka.guee.. ya, terimakasih. saya hanya menyusun berdasarkan dalil dari Quran dan As-Sunnah.

    ReplyDelete
  5. maaf ya tapi aku gak sependapat dengan ini, banyak orang bilang kalo pacaran itu adalah proses menuju pernikahan, proses pengenalan diri dengan pasangan, aku pacaran selama ini aku yakin gak pernah koq sok perfect depan pacar aku, ya apa adanya aja, kalo pacaran selama 1 tahun misalnya, untuk tampil perfect itu gak mungkin dan gak rasional menurut aku, pasti capek lah, kalo mengenal dari keluarga dekat atau teman itu juga kita gak bisa langsung tahu kan orang tersebut kayag gimana, nah selain itu juga kalo misalnya nih kita masih sma atau smp, kan kemungkinan untuk saling tertarik lawan jenis itu muncul dan itu manusiawi kan karena masa pubertas, apa itu berarti kita harus menikah pada saat smp atau sma ?? kan enggak, ya itu cuma pendapat aja sih.. maaf ya kalo ada kata2 yang menyinggung

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia LAKNAT,sulit dapat hidayah,kalo hawa nafsu yang kamu dahulukan. Emosi saya kalo ngeliat orang orang fasiq kalo menantang syari'at.

      Delete
    2. Begitu, ya terserah mbak kalau ada yg mau nikah waktu SMP/SMA,ada juga sma umur 20 th, menikah hhe..mba merasa aman nyaman ga kira"dg apa yg mbak lakuin, perbanyakin menuntut ilmu, dulu sblm berkata dan berbuat,baca buku seperti pernikahan nabi dg aisyah,ya walau di Indonesia diatur uud.. Klo menurut saya, ini ga bener mbak, apanya, knp? Ya jelas pacaran itu ga boleh, untuk ke jenjang pernikahan juga bkan lewat pacaran, berduaan, ada aturannya, coba kita kaji sama-sama lagi, sblm berkata dan berbuat,sblm ada penyesalan..saya juga masih awam, yg jelas jangan sampai suatu yg kita perbuat ga ada landasan ilmunya, dan kalau udh ada ilmunya,jngn berbelot, wallahu'alam, cmiiw

      Delete
  6. @Anonim, oke... namanya juga manusia pasti pendapatnya beda-beda toh??

    Ya, pacaran memang ajang perkenalan dengan dia lebih dekat. Tergantung orangnya bagaimana dia mau apa adanya atau enggak.

    Tapi sepertinya kerugiannya lebih banyak daripada manfaat yang didapatkan. Sebagai seorang mukmin kita wajib meyakini ayat-ayat quran dan sunnah Rasul. Sependapat atau gak, toh buat kebaikan kita sendiri kan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cmn mau bantu teteh aja, kasih dia logika aja, dia sulit paham secara tafsili.
      Teteh emng bner, prasaan suka trhdp lawan jenis memang wajar dan hal yg memanusiakan manusia. Tp yg membuat kita beriman itu ketika kita mengarahkan k arah yg lbih baik dg mendoakan lawan jenis yg baik. Dan klo suka ngga harus pacaran. Pacaran jelas tidak sama sekali memperkenalkan kedua insan..

      Delete
    2. kebanyakan orang cerai itu karena gak kenal pasangannya secara sempurna, taaruf kan cuman denger2 dari orang2 lain doang, jelas2 kalo pacaran itu tahap pengenalan. lo yang gak ngerti logika.

      Delete
  7. assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh bolekah saya meng copy tulisan tulisan di blog ini?

    ReplyDelete
  8. @Ari Allbatros, sangat boleh.... asal dicantumkan sumbernya.

    ReplyDelete
  9. Benar sekali
    Gk perlu lah sok sok mau saling kenal antara kedua belah pihak, itu cuma modus orang pacaran.
    Liat aja diri sendiri, kalau Akhi dan ukhti merasa baik sifat dn perilaku, InshaAllah Allah akn memberi kita jodoh yang baik juga. Karena ini sudah kalam Allah dan Sabda Rasulullah Saw.
    Laki-laki yang baik hanya untuk perempuan yang baik-baik dan sebaliknya, Laki-laki yang tidak baik hanya untuk perempuan yang tidak baik. Makanya, sekarang ini perbaikilah diri kita masing masing untuk menjadi yang baik. Yang buruk menjadi baik, yang baik menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo laki2 yang baik untuk perempuan baik, kok banyak yang cerai? wah Tuhanmu kejam sekali ya, apa ayat Alquran emang isinya hoax?

      Delete
  10. Benar sekali
    Gk perlu lah sok sok mau saling kenal antara kedua belah pihak, itu cuma modus orang pacaran.
    Liat aja diri sendiri, kalau Akhi dan ukhti merasa baik sifat dn perilaku, InshaAllah Allah akn memberi kita jodoh yang baik juga. Karena ini sudah kalam Allah dan Sabda Rasulullah Saw.
    Laki-laki yang baik hanya untuk perempuan yang baik-baik dan sebaliknya, Laki-laki yang tidak baik hanya untuk perempuan yang tidak baik. Makanya, sekarang ini perbaikilah diri kita masing masing untuk menjadi yang baik. Yang buruk menjadi baik, yang baik menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  11. Benarkah laki" yg baik untuk wanita baik
    benarkah jodoh tdak akan ter tukar
    benarkah kita d lahirkan berpasang"an
    lalu apa yg terjadi pd mereka yg sudah punya anak 2-3 bercerai lalu di manakah jodoh seorang kakek yg masih pejaka
    tolong jelaskan dengan logika

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum teman2..
    Disini saya mau bertanya perihal pacaran, saat ini saya sudah menginjak usia (20an) yg pada umumnya bnyak orang mengatakan bahwa tidak sepantasnya utk berpacaran hanya utk sekedar main2 atau mesra2an..
    Dan saya jga sering mendengar tausiyah dan ceramah ttg haram nya pacaran, dan dari poin2 tsb saya juga membenarkan pendapat tersebut..
    Tapi, sampai saat ini saya jga sering memikirkan hal ini, apabila saya berpacaran dgn tujuan dan maksud utk tidak bermesra-mesraan, tidak melakukan kontak fisik, dan hanya menjadikan pacaran itu status, apakah diperbolehkan? Karena saya bermaksud menjadikan pacaran hnya sbg untuk perkenalan diri sampai tiba waktunya utk saya halalkan ketika saya sudah benar2 mampu
    Saya sering memikirkan perihal hal ini dikarenakan saya bnyak melihat kejadian beberapa teman saya yg ditinggal nikah oleh wanita yang ingin dipersunting nya di kemudian hari, dan jujur saya jga memiliki rasa kekhawatiran akan hal itu, tapi bukan berarti saya tidak percaya bahwa Allah pasti akan menjodohkan jika itu memang jalan nya.. Saya hanya berkiinginan utk menjadikan pacaran sbg penjamin atau gambaran utk jodoh saya kelak..
    Mohon bantu dijawab ya saudara ku, karena saya sudah lama kebingungan ttg hal ini

    ReplyDelete
  13. Gw kasih tahu deh semuanya lebih baik jomlo kaya gw gak nambah dosa,mending memperbanyak saudara baik saudara laki2 atau saudara perempuan..gw juga banyak cewek yang dekat dan mereka anggap gw sebagai adiknya dan gw juga suka dipeluk2 sama mereka dan gw anggap itu adalah sentuhan kakak kandung..sentuhan kakak kandung tidak dosa kan..mending jadi adik kakak aja karena dalam islam tidak dilarang kok jadi adik kakak wkwkkww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good job, drpd belum siap, mending cari yg bermanfaat aja, trmsuk menjadi pemuda yg dinaungi oleh Allah dihari kiamat kelak

      Delete
  14. https://persoalan-islam.blogspot.com/2018/10/siapa-yang-bilang-pacaran-itu-haram.html

    ReplyDelete

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin by ScratchTheWeb