Kamis, 31 Maret 2011

Sinopsis Novel-Novelan Buatanku (bagian 1)


Assalamu’alaikum...

Berhubung blog ini tentang dunia tulis menulis, aku mau berbagi dengan kawan pembaca Santri Menulis beberapa novel fiksi yang pernah aku tulis dan aku publikasikan untuk kalangan sendiri. Seperti ucapan Bang Aswi, kalau kita punya sebuah tulisan, tulisan itu sebaiknya jangan dilupakan. Mungkin bisa jadi inspirasi suatu saat nanti. Ya, gak ada salahnya kan muat tulisan ini, mungkin aja kawan pembaca Santri Menulis dapat inspirasi tiba-tiba karena membacanya. *geer amat mending kalau bagus*.

Tapi maaf banget karena gak bisa muat cerita-cerita ini soalnya (karena jadul) udah pada sobek-sobek, ada juga yang ilang, dan alasan utamanya (namanya juga novel) adalah terlalu panjang untuk ditulis ulang. Gak tahan lama-lama di depan laptop.

Sebelum membacanya lebih lanjut, siap-siap aja ya soalnya ni sinopsis novel-novelan bakal panjang banget.

Gadis Malang dan Tiga Peri Kecil

Format : Komik

Genre : Anak-anak

Latar : Indonesia

Tahun : 2002

Keterangan : Karangan Pertamaku

Sinopsis

Dari judulnya sepertinya kawan bisa menebak sendiri ceritanya seperti apa, kan? Yup! Seperti cerita Bidadari yang dulu pernah dimainkan oleh Marshanda. Tipikal cerita anak tiri yang malang tapi dia punya penolong yaitu tiga peri kecil. Anak tiri itu bernama Lili, dan dia tinggal bersama ibu tiri dan kakak tirinya yang jahat. Sampai akhirnya dia disuruh oleh ibunya memotong 3 buah kelapa. Dan tiba-tiba dari 3 buah kelapa itu muncullah 3 peri kecil yang siap menolongnya kapanpun dan dimanapun. Klise? Ya begitulah.

Tapi karena genrenya anak-anak gak ada cinta-cintaannya. Hehe. Melainkan si Lilinya ini terus belajar dan belajar biar masuk sekolah favorit. Setelah dia berhasil masuk sekolah favorit bahkan menjadi murid teladan, ibu dan kakak tirinya menjadi baik pada Lili.

Ngotak-Ngatik Temen (terdiri atas 2 part)

Format : Skenario @SIDU 38 Lembar

Genre : Persahabatan & Romantis

Latar : Indonesia

Tahun : 2005

Keterangan : Cerita Pertama yang dibaca orang

Bukan karena aku kecil-kecil puber nulis genre romantis.. Cuma karena cinta monyet antara temen-temen SD. Saling ledek-ledekan antara murid laki-laki dan perempuan. Ya.. makanya judulnya adalah “Ngotak-Ngatik Temen” dan yang pasti nama tokoh-tokohnya temen SD semua. Hehe.

Pada Part 1: Bercerita tentang 3 orang sahabat. Namanya Irma, Ahmad, dan Ahi. Sebenarnya ini kebanyakan tentang persahabatan, dimana Ahmad mengorbankan sahabat-sahabat lamanya sendiri hanya demi berteman dengan komunitas tajir. Sampai akhirnya dia sadar, bahwa sahabat-sahabatnya itu lebih penting.

Sementara itu ada Irma, dia adalah anak seorang pengusaha kaya raya. Cuma di sekolahnya dia pura-pura miskin karena ingin dekat dengan orang yang dia sukai, yakni Ahmad.

Selain itu ada pula Ahi, dia adalah sahabat keduanya. Dan akhirnya Ahilah yang menjodohkan Irma dan Ahmad.

Pada Part 2: Nafisah salah satu murid paling pintar di sekolah mengetahui identitas asli Irma. Walau Irma berpura-pura jadi gadis paling miskin, sebenarnya dia itu tajir minta ampun. Irma sendiri terpaksa harus pindah sekolah ke Australia.

Cinta Dalam Kaleng

Format : Novel SIDU 38 Lembar

Genre : Kriminalitas, Action, dan Romantis

Latar : Indonesia, Hongkong

Tahun : 2006

Keterangan : Pertama kalinya menulis dalam bentuk novel

Mengisahkan tentang Sheen dan Anna. Dimana mereka adalah pacar masa kecil sewaktu sama-sama diasuh di panti asuhan “Mentari”. Sampai akhirnya mereka terpisahkan karena Sheen diangkat anak oleh seorang bos mafia dan Anna diangkat anak oleh seorang ibu rumah tangga biasa.

Sheen tumbuh besar dan dia menjadi penerus mafia. Pulang dari Hongkong, Sheen melanjutkan sekolahnya di Indonesia dan kebetulan satu kelas dengan Anna. Walau Anna menyadari bahwa itu Sheen pacar kecilnya, Sheen tidak sadar kalau itu Anna. Dan Anna terus merahasiakan kalau dirinya Anna karena Sheen berkata tidak ingin mengungkit masa lalunya itu. Padahal maksud Sheen adalah masa lalu sewaktu kedua orang tuanya saling membunuh.

Suatu saat Sheen disuruh oleh bos mafia membunuh putri pemilik perusahaan senjata yang selama ini hilang. Dan setelah diselidiki, orang yang harus Sheen bunuh adalah Anna. Lebih kaget lagi mengetahui ternyata Anna adalah pacar kecilnya.

Wedding

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Islami & Romantis

Latar : Indonesia

Tahun : 2006

Keterangan : Cerita Islami pertamaku

Aisyah, santri putri Pondok Pesantren Husnul Khotimah sangat kaget bukan main mengetahui bahwa dia harus menikah di usianya yang masih sangat muda, 17 tahun! Bukan hanya itu, yang lebih dia kagetkan lagi adalah dia menikah dengan seorang aktor luar negeri yang menjadi muallaf dan usia mereka terpaut jauh. Namanya Kevin Kai.

Mereka berdua menikah karena sebuah paksaan orang tua. Perjalanan pernikahan mereka tidak berjalan lancar, karena mantan pacar Kevin Kai yang masih mencintainya. Bukan hanya itu, walau Kevin sudah mencintai Aisyah, Aisyah belum mencintai Kevin. Ada seorang ikhwan dambaannya di Pesantrennya tersebut yang merupakan ketua organisasi santri, namanya Ahmad. Mereka dulunya adalah sahabat SD. Dan diam-diam Ahmad juga suka dengan Aisyah, tapi namanya juga santri, cinta hanya dipendam.

Tapi seiring berjalannya waktu, Aisyah mulai bisa mencintai suaminya dan melupakan Ahmad.

Perubahan

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Islami & Romantis

Latar : Indonesia

Tahun : 2006

Keterangan : Aku mulai suka menulis genre Islami

Citra, seorang gadis SMU mulai sering memakai pakaian-pakaian Islami. Ini karena pengaruh Ryan, seorang murid pindahan dari Pondok Pesantren Husnul Khotimah (lagi?). Citra gadis yang tadinya tomboi abis dan suka memanjat pagar sekolah kalau terlambat tobat, dan berubah 180 derajat menjadi cewek nan sholihah yang anggun dan kemayu.

Diam-diam Ryan mulai menyimpan rasa pada Citra, tapi Ryan selalu memendam perasaannya itu. Bahkan sampai Ryan meninggal, Ryan tetap merahasiakan perasaannya itu.

Sementara itu, Dira. Cowok paling populer di sekolah yang selama ini ditaksir oleh Citra menyatakan perasaannya pada Citra lewat mading. Tapi Citra yang notabene adalah seorang muslimah menolak pacaran dengan Dira. Dan hal ini menjadi buah bibir paling heboh di sekolah. Para murid mulai penasaran apa yang terjadi pada Citra sehingga dia menolak Dira.

Ada Apa dengan Anak Amroh?

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Persahabatan

Latar : Indonesia

Tahun : 2006

Keterangan : Cerita persahabatan kedua yang kutulis dengan nama-nama teman sendiri.

Amroh adalah nama sebuah kamar di salah satu asrama di Pondok Pesantren Husnul Khotimah. Kamar Amroh adalah kamarku dulu sewaktu aku kelas 1 MTs. Karena kedekatanku dengan teman-teman sekamar, aku menulis sebuah cerita yang isinya adalah masalah masing-masing santri. Full kisah persahabatan.

Berkisah tentang lika-liku menjadi santri kelas 1 MTs yang masih kaget dengan kehidupan pesantren. Dan ketika para musyrifah menjadi yang paling berat karena dia yang bertanggung jawab untuk membimbing anak-anak kamarnya.

End A Live

Format : Novel SIDU 38 Lembar

Genre : Misteri & Horor

Latar : Inggris

Tahun : 2006

Keterangan : Cerita misteriku yang pertama

Sebenarnya aku gak mau menceritakan cerita ini lagi. Karena genrenya yang gak Islami banget. Berkisah tentang Lucy, seorang gadis cupu di sekolahnya dan tinggal dengan seorang ibu tiri yang jahat. Hidup Lucy sangat tidak bahagia hingga akhirnya dia memutuskan untuk balas dendam. Lucy pun terlibat dalam sebuah kelompok gelap pemuja setan dan sejak itu satu demi satu temannya di sekolah harus dia bunuh.

Jigoku Shonen

Format : Novel SIDU 38 Lembar

Genre : Misteri & Horor

Latar : Jepang

Tahun : 2007

Keterangan : Aku mulai suka nulis cerita horor. Tapi yang ini lebih gak Islami lagi karena aku mulai terpengaruh manga-manga fantasi.

Kalian tahu kan Jigoku Shoujo? Manga karya Miyuki Etoo itu membuatku terinspirasi buat nulis Jigoku Shonen. Jadi versi cowoknya dan namanya adalah Reiichi Nakai. Tapi ceritanya beda banget, bukan seperti Ai Emma yang diminta membunuh orang-orang tertentu. Reiichi hanya membunuh orang-orang yang tidak dia sukai dengan cara yang sangat kejam. Dia seakan punya kekuatan untuk itu.

Ketika aku baca ulang cerita ini, aku geleng-geleng kepala. Duh, betapa kekanak-kanakannya aku saat itu. Udah mana gak Islami banget, tokoh utama ceweknya, Najika terlihat sangat lemah dan selalu butuh bantuan orang lain. Mudah tenggelam kalau berenang dan mudah jatuh kalau jalan. Bukan hanya lemah, Najika juga sangat centil dan caper. Makanya banyak pembaca yang gak suka karena dua tokoh utamanya nyebelin. Reiichi dan Najika.

Segalanya Untuk Mary

Format : Novel SIDU 38 Lembar

Genre : Romantis

Latar : Inggris

Tahun : 2007

Keterangan : Ini cerita paling nyebelin tapi anehnya dipuji-puji.

Mary Caroline Lane. Seorang wanita yang sangat sempurna hidupnya. Seorang wanita bangsawan Inggris di abad pertengahan. Para bangsawan yang lain bahkan bangga sekali jika bisa mengobrol dengan Mary. Karena Mary ini sangat cantik, pintar, dan tajir. Hidup yang serba glamor membuat Mary manja dan sombong.

Neil William adalah seorang pemuda miskin yang sebelumnya dia jatuh cinta dengan temannya sewaktu kecil. Namannya Anna Rob. Anna Rob ini hidupnya berbeda 180 derajat dengan Mary, dia hidup sangat menderita dalam kekangan ayahnya. Miskin, tidak terlalu cantik, dan tidak terlalu pintar. Hanya saja Anna ini penyabar dan tidak manja seperti Mary.

Kenapa aku bilang cerita paling nyebelin? Soalnya hanya karena terpana dengan kecantikan Mary, Neil memutuskan hubungannya dengan Anna. Padahal Anna gak salah apapun. Neil bahkan bersaing dengan kakaknya, Steve William untuk mendapatkan Mary.

Suatu saat Neil membantu Mary kabur dari sebuah pesta yang menjemukan. Pertemuan demi pertemuan mereka membuat Mary dan Neil saling mencintai.

Menyebalkan bukan? Terus kenapa ya banyak yang muji cerita ini? Menurut kalian?

Gigantic-2112

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Fiksi Ilmiah

Latar : Jepang

Tahun : 2008

Keterangan : Cerita fiksi ilmiah pertamaku. Aku sukaaa banget cerita ini, anehnya jarang ada pembacanya yang suka. Mungkin karena terlalu kekanak-kanakkan bahas robot-robotan.

Rui, seorang anak dari Professor Soichiro bahkan tidak menyadari bahwa dia adalah cyborg bernama Gigantic 2112. Yang dia tahu tentang dirinya adalah bahwa dia seorang murid SMU biasa yang tidak terlalu populer. Sampai akhirnya, sesuatu membuat dia marah dan dia hampir saja membunuh murid yang lain.

Sudah beberapa kali dia berubah menjadi sosok yang menyeramkan. Dan itu membuatnya dijauhi oleh teman-temannya. Akhirnya setelah diselidiki, ternyata almarhum ayahnya sendiri yang telah membuat dia menjadi manusia super. Dan ayahnya meninggal saat berhasil melakukan proses bionik antara biologi tubuh Rui dan mesin. Rui membunuh ayahnya sendiri saat itu tanpa ia sadar.

Dan Zein, sepupu Rui yang juga manusia super membuat sebuah tiruan dirinya sendiri. Namanya Nesirus. Dan nantinya, Nesirus si tiruan Zein inilah yang menjadi jahat. Tugas Rui dan Zein sebagai manusia super adalah mengalahkan Nesirus sebelum Nesirus berhasil menghancurkan dunia. Tapi Nesirus ternyata terlalu kuat.

The Time Machine

Format : Novel SIDU 58 Lembar

Genre : Fiksi Ilmiah & Islami

Latar : Indonesia, Planet Gomera, & Bumi

Tahun : 2008

Keterangan : Aku mulai ketagihan nulis cerita fiksi ilmiah.

Nida, Shofa, dan Rani kabur dari pesantren mereka (Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang pastinya). Mereka jenuh dengan semua kegiatan-kegiatan pesantren yang itu-itu aja. Akhirnya mereka memutuskan untuk ke Cirebon, jalan-jalan ke Gramedia.

Hanya saja dalam perjalanan mereka kabur, mereka terdampar di zona kongkow (Ada satu nama daerah di perbatasan Kuningan-Cirebon). Dan saat itu zona kongkow sepi banget, gak ada angkot maupun bus lewat. Tiba-tiba, sebuah lubang hitam muncul. Itu adalah lubang cacing yang menyedot mereka dan mereka pun nyasar ke sebuah planet lain namanya Planet Gomera.

Planet Gomera adalah planet yang indah sekali. Walau begitu Rani, Shofa, dan Nida tetap ingin pulang ke Indonesia. Ternyata perbedaan waktu di Gomera sangat berbeda jauh dengan di Indonesia. Saat mereka kembali, di bumi sudah berlalu ratusan tahun lamanya. Bumi sudah sangat maju bahkan Indonesia sudah musnah. Semua negara menginduk pada pemerintahan tunggal. Orang-orang yang mereka kenal sudah lama meninggal dan rumah-rumah mereka sudah berganti menjadi bangunan-bangunan tinggi pencakar langit.

Pemerintahan tunggal tersebut ternyata dipimpin oleh orang-orang yang sangat jahat. Yang ingin menguasai dunia, dan menjadikan manusia seperti robot. Akhirnya Rani, Shofa, dan Nida berusaha keras agar bisa kembali ke masa lalu memberitahu apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk juga kerusakan alam yang diakibatkan orang-orang dari masa lalu. Tapi mereka tidak bisa kembali ke masa lalu tanpa ada lorong waktu.

Selanjutnya

Sinopsis Novel-Novelan Buatanku (bagian 2)

Sinopsis Novel-Novelan Buatanku (bagian 3)

Reaksi:
Comments
12 Comments

12 komentar:

  1. wah, subahanallah...

    karyanya udah bejibun ya ..:))

    BalasHapus
  2. bisa dibilang begitu. soalnya semenjak kelas 1 MTs udah ketagihan nulis. walau tulisannya masih acak-acakan banget, alhamdulillah banyak temen yang suka. hehe.

    BalasHapus
  3. banyak nya det,
    gemar sekali nulis ya,
    ttp semangat..

    ku baru bisa nulis2 cerpen, nulis novel ndak sempat..
    kebingungan nyambung bab2 nya..

    BalasHapus
  4. ane malah terengah-engah pertama kali nulis cerpen. soalnya gak biasa nulis di ruang yang sempit.
    tapi akhirnya bisa juga pas ada sedikit 'paksaan'

    gak ada waktu itu fase yang pasti dialami banyak penulis yang cukup sibuk. tapi mungkin bisa dicicil sehari satu halaman buat nulis novel, yang penting ada kemauan.

    kalau bingung nyambung babnya gak usah dibuat berbab-bab. pokoknya hilangin aja 'tembok besar' antara imajinasi dan jari tangan. semuanya buat ngalir aja, yang penting nulis tanpa dengar kata si 'editor' dalam diri sendiri.

    Tetap semangat...

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum...

    bener tuh kata teh Deta.. hehe
    #anak kecil maen nyempil aja nih aku! :D

    gmn sih bikin cerpen yg pendek v bagus??
    ane malah bikin cerpen v kebablasan halaman...
    =='... hehe
    #anak kecil numpang nyempil d coment..
    hehe,, gaje ya?? ya udah maklumi saja! =,=

    BalasHapus
  6. Bikin cerpen + bagus ya?
    Hmm...
    Insya Allah nanti ane muat artikel tentang ini deh.
    Nanti ane kasih tahu kalau dah diposting
    Bikin cerpen kebablasan halaman?
    Wah.. sama, pertamanya ane juga gitu. Tadinya mau bikin cerpen, eh... jadi 16 halaman.
    Itu karena gak biasa di ruang yang sempit.
    Tapi kan ada pepatah, bisa karena biasa.
    Berarti solusinya, teruslah menulis cerpen sampai kita bisa.
    Kalau masih kebablasan juga, coba bayangin aja untuk satu huruf yang kita hilangin, kita dapat duit 1 juta. Nanti kita pasti bisa kejam memangkas kata-kata yang gak perlu.
    Good Luck!

    BalasHapus
  7. Sip lah..
    ane malah 21 halaman, itu uga blum selesai,,,
    klo udah jdi, 90 halaman uga nyampe.. hehehe

    Sip...
    do'ain ya?? hehehe
    #v d biasain bikin cerpen pas udah UN soal.a mow UN jdi hrs fokus belajar.. hehe :D

    BalasHapus
  8. 90 halaman mending jadi novel aja atuh...
    Ya udah, sekarang mah fokus UN aja dulu.
    Good Luck!

    BalasHapus
  9. wah, udah banyak bgt novelnya
    baca sinopsis ini jd pengen baca semua
    keep writing n semoga sukses!

    BalasHapus
  10. pegel ngetiknya kalau posting semua. heheheh

    thanks and moga sukses juga ya...n_n

    BalasHapus
  11. Kirim ke penerbit aja mbak... Rugi cuma disimpen dan didiemin -_-

    BalasHapus
  12. @Erika, udah ada beberapa yang dikirimin ke penerbit. Sisanya yang jahiliyah dan tipe drama gak mbak. hehe.

    BalasHapus

Jangan jadi silent reader, giliranmu bercuap-cuap ria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...